Presiden Terus Dorong Penyederhanaan Izin Investasi

By Admin

nusakini.com--Salah satu program pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah penyederhanaan perizinan, sehingga investor tertarik untuk datang ke Indonesia. Menurut Presiden, investasi berperan penting, karena manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat. 

"Saya sering mengatakan bahwa investasi itu penting. Oleh sebab itu, investor jangan dipersulit agar ekonomi kita bergerak dan supaya makin banyak rakyat kita yang mendapatkan pekerjaan. Karena investasi itu bisa membuka lapangan kerja," kata Presiden saat meresmikan pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI),  Rabu (26/04). 

Sebagai contoh melalui peningkatan investasi oleh Mitsubishi Motors, pabrik baru tersebut akan mampu menyerap sekitar tiga ribu lapangan kerja. Di sisi lain, Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia juga harus meningkatkan kemampuannya. Oleh karena itu, pemerintah juga terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi SDM yang menguasai bidang pekerjaannya. 

"Di sini kita akan menempuh penguatan pendidikan vokasi, vocational school dan juga vocational traning, kewirausahaan, dan pasar tenaga kerja. Pemerintah akan terus mengeluarkan kebijakan yang akan mempertemukan kecocokan kerja link and match atau job matching antara vokasi dan industri," ungkapnya.(p/ab)